Tentang Sociozine

Sociozine merupakan majalah yang dikelola oleh Himpunan Mahasiswa Sosiologi Universitas Indonesia. Pada awal pembentukannya, Sociozine hadir berbentuk majalah cetak. Namun di tahun ke-empat ini, Sociozine memiliki wajah baru berupa website magazine. Pada dasarnya, tujuan berdirinya Sociozine tetaplah sama, Sociozine hadir untuk turut berkontribusi meningkatkan kesadaran kritis masyarakat dalam melihat realita sosial melalui kacamata sosiologis.

Sociozine akan membahas berbagai fenomena kehidupan, baik itu fenomena berbau sosial, politik, budaya, agama, pendidikan, maupun bahasan ringan seperti musik, film, sepak bola, hobi, gaya hidup, dan lain sebagainya. Kami akan menyajikan berbagai karya tulisan, gambar, video, info dan/atau liputan mengenai suatu acara maupun diskusi yang dikemas sedemikian rupa menjadi karya populer yang menarik, kreatif, humoris namun tetap bercita rasa sosiologis. Tujuannya adalah untuk menyadarkan kita semua bahwa sosiologi merupakan ilmu yang dapat ditemui dan digunakan bahkan dalam hal-hal kecil di kehidupan sehari-hari. Sociology for everyday life.

Semua karya yang ada dibuat berdasarkan imajinasi sosiologis. Seeing the general in particular, seeing the strange in familiar, and seeing individual choice in social context. Menjadikan Sociozine sebagai sumber informasi serta bacaan sosiologis yang gamblang dan kritis. Menjadi suatu lensa pembesar untuk meneropong apa yang sulit dilihat dalam berbagai hal yang terlihat biasa, yang taken for granted. Menjadi alat untuk mengasah kita semua berpikir beyond common sense. Think beyond, think different.