Berita perppu6

Published on August 17th, 2017 | by Aufa (Acil) Firman

0

Aksi Penolakan Perppu Ormas oleh Serikat Buruh dan Pemuda Mahasiswa

Oleh Rifqi Aufa, FMN UI & Sosiologi UI

Perppu Ormas No. 2 Tahun 2017 memiliki beberapa masalah, salah satunya adalah pembubaran Ormas yang dianggap anti-pancasila dengan mekanisme tanpa pengadilan terlebih dahulu. Sejumlah Ormas langsung responsif terhadap situasi dan isu ini diantaranya aliansi dari FPR, GSBI, YLBHI, KSPI, KPBI, FMN, SERUNI, AGRA, dan organisasi buruh serta pemuda lainnya.

Ormas yang tergabung dalam aliansi ini melakukan aksi demonstrasi pada 16 Agustus 2017, secara tegas menolak terhadap pemberlakuan Perppu Ormas No. 2 Tahun 2017 dan menuntut pencabutan Perppu Ormas. Perppu ini secara substansi mengandung isi yang anti-demokrasi, represif, dan mengandung pasal karet yang multitafsir. Hak untuk berserikat dan berkumpul secara bebas yang dijamin konstitusi juga mendapat ancaman dengan adanya Perppu Ormas.

“Perppu Ormas ini bukan dalam rangka menegakkan pancasila, tapi justru menyasar seluruh gerakan rakyat yang saat ini sedang berjuang akibat kebijakan-kebijakan yang anti-rakyat”,menurut perwakilan Gerakan Serikat Buruh Indonesia. Lima belas paket kebijakan ekonomi justru merupakan suatu skema yang pada akhirnya hanya untuk melayani kepentingan kapitalisme monopoli yang dikuasai Amerika Serikat.

Tuntutan yang awalnya akan disampaikan ke gedung MPR, mendapat blokade di Jalan Gatot Subroto dari kepolisian sehingga massa aksi tidak diperbolehkan untuk mendekati gedung MPR. Ditempat ini juga Presiden Joko Widodo menyampaikan pidato pertanggungjawaban pemerintahannya kepada parlemen pada hari ini.

Selain itu, ada pula band progresif Mineral7 yang memberikan semangat kepada demonstran sekaligus menyuarakan aspirasinya melalui lagu Krisis Politik dan Welcome to the Darkness.

 

Simak Konferensi Pers dari Aliansi buruh berikut:

>>https://www.youtube.com/watch?v=NJbEcY8Wbxw

 

perppu1perppu2perppu3perppu4perppu5perppu6perppu7perppu8

Tags: ,


About the Author

Aufa (Acil) Firman

Mahasiswa Sosiologi UI 2015. Berkutat dengan sosiologi postmodern, gerakan sosial, dan filsafat. Salah satu Anggota Front Mahasiswa Nasional UI, dan founder God and Human Study Community.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Back to Top ↑