Info suaf 2014

Published on November 22nd, 2014 | by Redaksi Sociozine

0

Sociology Urban Art Festival: Go Safer, Move Faster!

Sociology Urban Art Festival (SUAF):“Go Safer, Move Faster”, acara dua tahun Himpunan Mahasiswa Sosiologi UI ini kembali hadir pada 12-14 November 2014. Selama festival ini berlangsung, instalasi-instalasi seni dari mulai mural sampai photo-photo bertemakan transportasi pun menghiasi FISIP UI. Selain itu, terdapat juga diskusi-diskusi, pemutaran film dan pertunjukan musik yang menjadi rangkaian acara festival ini.

mural, suaf, 2014

salah satu mural yang sedang dibuat

Rangkaian SUAF dimulai dengan diskusi yang bertajuk “Stiker, Kota dan Transportasi”,   pada rabu, 12 November 2014. Diskusi ini menghadirkan Ardi Yunanto (Ruang Rupa), sebuah diskusi yang membicarakan tentang bagaimana transportasi bukan hanya sekadar bentuk fisik, namun dapat juga menjadi wadah mengekpresikan diri, yaitu melalui stiker. Penempelan stiker pada kendaraan merupakan suatu wujud pemaknaan identitas—terdapat makna yang mewakili diri dan ingin disampaikan oleh khalayak umum. Olehkarena itu, apabila kita perhatikan, kita dapat mengelompokan kelas sosial pemilik kendaraan dari stiker yang Ia tempelkan. Contohnya adalah stiker berkonten tentang penumpang, biasanya ditempel pada kendaraan umum, berbeda dengan para anggota komunitas motor besar, mereka akan cenderung menempelkan striker berkonten simbol-simbol komunitasnya. Striker terus berkembang dari tahun ke tahun, kini striker banyak menjadi alat kampanye, safety culture dalam berkendara adalah salah satu contohnya. Namun begitu, dengan perkembangan cyber community, kini stiker cyber menjadi lebih populer—meme.

titi dj, seminar suaf, suaf 2014

Para pembicara seminar TITI DJ

Selajutnya, pada kamis, 13 November 2014 kembali digelar diskusi, kali ini bertajuk “TITI DJ”. Menghadirkan Bima Arya (Walikota Bogor), Yan Kurniawan (Nebengers), Fariz Panghegar (Puska Politik FISIP UI), Linda Darmadjanti (Dosen Sosiologi UI), dan sebagai moderator yaitu Firman Suryani (PAMFLET). Diskusi ini berbicara tentang bagaimana transportasi umum di Indonesia yang tidak dapat memberikan kenyamanan dan keamaan. Hal ini menjadikan masyarakat Indonesia cenderung lebih memilih kendaraan pribadi untuk bermobilisasi. Dengan semakin banyaknya masyarakat yang cenderung memakai kendaraan pribadi, membuat kemacetan tidak dapat dihindarkan. Bima Arya sebagai walikota Bogor, kota dengan julukan sejuta angkot ini, menawarkan solusi untuk mengubah Bogor menjadi kota para pejalan kaki. Hal ini direalisasikan dengan membangun trek bagi pejalan kaki dan mencoba untuk mengikis budaya malas bergerak dari masyarakatnya. Berbeda dengan Nebengers yang menyediakan wadah perjalanan bersama. Nebengers mencoba memberi wadah bagi masyarakat agar orang-orang yang memiliki tujuan perjalanan sama untuk dapat berkenalan dan selanjutnya dapat melakukan perjalan bersama.

Tidak sampai disitu saja, pada malam harinya, digelar pemutara film berjudul Merah itu berani dan Bangkok Traffic Love Story. Merah itu berani bercerita tentang bagaimana mahasiswa yang seharusnya dapat menjadi agen perubahan dan teladan bagi masyarakat sering kali melanggar aturan lalu lintas, terutama lampu merah—sebuah tamparan halus bagi para penonton. Sedangkan Bangkok Traffic Love Story bercerita tentang ketidak nyamanan transportasi umum, namun hal itu justru membuat sang pemeran utama jatuh cinta.

suaf3

 pertunjukan musik saat malam puncak Suaf 2014

Rangkaian acara SUAF diakhiri dengan pertunjukan musik pada jumat, 17 November 2014. Dimeriahkan oleh Angsa dan Serigala, Hamba Allah, Shepherd The Wolves, Feast, dan artis-artis lainnya. Sebuah acara yang seru dan berbeda, membahas transportasi melalui seni yang membuatnya mudah dimengerti siapapun. Cerminan transportasi bukan sekadar infrastruktur namun juga budaya masyarakatnya. SUAF 2014: Go saver, Move faster!

Fildza Aisyantifa K. dan Zahratul Mirza

Tags: , , , , , , ,


About the Author

Redaksi Sociozine



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Back to Top ↑