Kontribusi

1.       Siapa yang boleh berkontribusi untuk Sociozine

Sociozine terbuka bagi siapa saja yang ingin mengirimkan tulisan, gambar, atau video mengenai topik apapun yang ada dalam masyarakat. Pelajar, mahasiswa, pengamat sosial, pekerja seni, akademisi, peneliti, dan siapapun kamu yang ingin ikut berkontribusi. Sociozine siap menampung karya-karya yang kamu kirimkan, sesuai dengan syarat dan ketentuan redaksi Sociozine.

2.       Karya seperti apa yang dimuat di Sociozine?

Sociozine hadir dengan tujuan untuk menyebarluaskan cara pikir sosiologis dan meningkatkan kesadaran kritis masyarakat. Karena itu, karya-karya yang dimuat di Sociozine harus memiliki unsur sosiologis. Kamu bisa mengirimkan karyamu untuk 4 rubrik besar di Sociozine: Opini, Ekspresi, Resensi, dan Kajian.

Opini. Rubrik ini berisikan tulisan-tulisan populer yang mengutarakan pikiran dan pendapat kamu tentang berbagai macam hal dalam kehidupan yang bisa dilihat secara sosiologis. Ya, apapun itu! Karenanya, cakupan topik opini ini sangat luas. Dapat berupa topik-topik berat seperti sosial, politik, budaya, pendidikan, sampai dengan topik ringan seperti musik, sepak bola, hobi, gaya hidup dan lain sebagainya. Artikel di rubrik opini ini berkisar antara 600 – 800 kata.

Ekspresi. Rubrik ini berisikan video, gambar, puisi, cerpen, dan karya seni lainnya yang berhubungan dengan dunia sosial. Rubrik ini menjadi sarana kita semua untuk mengekspresikan pikiran dan pendapat kita melalui seni. Kamu bisa kirimkan karyamu dalam bentuk apapun, disertai keterangan yang ingin dituliskan (apabila karya berbentuk video atau gambar).

Resensi. Rubrik ini berisi resensi buku dan film yang berkaitan erat dengan dunia sosial dan dapat dikaji secara sosiologis. Tulisan yang dimuat di rubrik ini terdiri dari 600 – 800 kata.

Kajian. Rubrik ini berisi esai dan jurnal yang ditulis berdasarkan observasi, studi literatur, atau pengalaman kamu mengenai berbagai isu sosial yang dilihat secara sosiologis. Setiap tulisan di rubrik  ini terdiri dari 1000 – 1500 kata dan disertai dengan sumber atau daftar pustaka.

3.       Bagaimana cara mengirimkan karya ke Sociozine?

Kirimkan karyamu ke e-mail redaksi Sociozine: sociozine@gmail.com. Simpan file dalam bentuk .doc, .docx, .jpg, .MP4, .AVI, atau .webm. Jika dirasa perlu, sertakan juga gambar untuk dimuat dalam tulisan kamu. Jika tidak ada, redaksi akan mencarikan gambar yang sesuai dengan tulisan. Redaksi juga akan menyunting setiap karya yang dikirimkan sesuai dengan syarat dan ketentuan redaksi Sociozine.

Sertakan juga foto, profil singkat kamu (maksimal 100 kata), dan kontak media sosial kamu (twitter atau e-mail) supaya pembaca merasa dekat dan lebih mengenal kamu.

4.       Apa timbal balik Sociozine untuk para kontributor?

Saat ini dana yang dimiliki Sociozine digunakan hanya untuk biaya operasional rutin dan belum untuk membayar kontributor atas setiap karya yang dimuat. Yang dapat kami berikan saat ini adalah penyebarluasan setiap karya serta nama kontributor kepada masyarakat umum seluas-luasnya. Harapan kami, Sociozine juga mampu berguna untuk kamu mengasah kemampuan menulis dan berpikir secara kritis dan sosiologis.